Pengantar Teknologi Informasi (pert-1) - STIKOM Al - Khairiyah


PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (PTI-1)

Pengertian TI, diantaranya adalah Perangkat/hardware yang digunakan untuk melakukan pertukaran data guna mendapatkan sebuah informasi, dimana hardware tersebut dapat melakukan pembentukan data, melakukan penyimpanan dan penyebaran informasi. Dalam pelaksanaannya melibatkan hardware yang digunakan untuk berkomunikasi dan jalur komunikasi yang tersedia dengan kecepatan akses dan transfer data yang tinggi.

Teknologi informasi sangat diperlukan didalam kehidupan sehari-hari dalam menyelesaikan kegiatan kita, karena :
1. Terlalu banyaknya tugas yang harus diselesaikan secara manajemen dalam sebuah kegiatan.
2. Globalisasi juga termasuk hal yang sangat mempengaruhi cara kerja yang mengharuskan kita menggunakan TI
3. waktu yang cepat, tepat dan akurat sangat diperlukan dalam menyelesaiakan sebuah kegiatan
4. dari semua yang diatas, menuntut kita semua dalam sebuah tekanan dalam kegiatan kita dalam persaingan usaha yang baik

Informasi dibentuk dari sebuah Data, yaitu Fakta yang sebenarnya dan tidak dapat diubah-ubah dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya, dan kumpulan dari data-data tadi diorganisir, di olah hinga mengasilkan sebuah arti dan menghasilkan sebuah informasi. Dari informasi yang kita terima ada sebuah pembelajaran dan pemahaman yang dapat diimplementasikan pada kehidupan kita sehari-hari.

Pengertian Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan ersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energy. Sedangakan Informasi adalah data yang telah diberi makna melalui konteks,

maka salah satu definisi Sistem Informasi adalah Sistem Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan


PERANGKAT INFORMASI
a. Perangakat Keras
Terdiri dari :
1.Input device, Keyboard, Mouse, Scanner, Mic, CamDI, JoyStick, Dll
2.Process Device, CPU, Processor,RAM
3.Output Device, Monitor (LCD, CRT), Printer (Inkjet, Dot Matrik, Laser Jet, Plotter, dll), Infocus, Speaker
4. Storage Device, - Magnetic Storage (FDD, HDD, - Optic Storage (CD, DVd), - Electronic Storage (Flash Disk, SIM Card, Smart Card)

b. Perangakat lunak, 1. OS (operating System), Linux, Windows, McIntos, Dll, 2. Aplikasi (Office, Games, Antivirus, dll)


c. Jaringan dan Komunikasi
Adanya jalur internet dan intranet, yang dibentuk dengan sebuah type jaringan LAN, WAN, MAN dll. Dengan perangkat jaringan komunikasi diantaranya sebagai berikut : - Modem, - PC/Laptop, - Jaringan Telpon, - ISP

d. Basis data
adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

e. Information Management Personnel
Adalah kegiatan kita sebagai manusia dalam rangka memperoleh, mengatur, memelihara, mengambil dan menggunakan item informasi seperti dokumen (paper-based dan digital), halaman web dan pesan email untuk penggunaan sehari-hari untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan kita. (pekerjaan terkait atau tidak)

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Response to "Pengantar Teknologi Informasi (pert-1) - STIKOM Al - Khairiyah"

Posting Komentar