Keuntungan & Kemampuan TI (Pert-2)

Pertemuan ke-2, PTI Al-Kahiriyah Cilegon

Kemampuan system Informasi diantaranya, adalah :
1. Melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar dan dengan kecepatan tinggi.
2. Menyediakan kominukasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah.
3. Menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil tetapi mudah diakses.
4. Memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak diseluruh dunia dengan cepat dan murah.
5. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau beberapa lokasi.
6. Mengotomatisasikan proses-proses bisnis dan tugas-tugas yang dikerjakan secara manual.
7. Mempercepat pengetikan dan penyuntingan.
8. Pembiayaan yang lebih murah daripada pengerjaan secara manual.

Tujuan Teknologi Informasi
Secara umum yaitu agar kita memahami alat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum termasuk komputer (computer literate) dan memahami informasi (information literate). Artinya Kita mengenal istilah-istilah yang digunakan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dan istilah-istikah pada komputer yang umum digunakan. Kita juga menyadari keunggulan dan keterbatasan komputer, serta dapat menggunakan komputer secara optimal. Disamping itu memahami bagaimana dan dimana informasi dapat diperoleh, bagaimana cara mengemas/mengolah informasi dan bagaimana cara mengkomunikasikannya

Fungsi Teknologi Informasi
Ada 6 Fungsi dari Teknologi Informasi:
1. Menangkap (Capture), Mengkompilasikan catatan u catatan rinci dari aktivitas u aktivitas. Misalnya menerima inputan dari keyboard, scanner, mic, dsb.
2. Mengolah (Processing), Mengolah/memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan/pemrosesan data dapat berupa mengkonversi(mengubah data ke bentuk lain), menganalisis (analisa kondisi), menghitung (kalkulasi), mensintesis (penggabungan) segala bantuk data dan informasi.

Data processing adalah sebuah proses dan pengolahan data menjadi suatu informasi.

Information Processing adalah suatu kegiatan dari komputer yang memproses dan mengolah suatu item data dari informasi dan merubahnya menjadi sekumpulan data yang lain dari informasi.

Multimedia system adalah suatu sebuah system yang dapat memproses berbagai item data dari informasi secara bersamaan

3. Menghasilkan (Generating), Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna. Misalnya laporan-laporan, table, grafik, dsb.

4. Menyimpan (Storage) ,Merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya : simpan ke harddisk, tape, disket, CD, dsb.

5. Mencari kembali (Rertrival), Menelusuri ,mendapat kembali informasi atau mengkopi (Copy) data dan informasi yang sudah tersimpan. Misalnya mencari kembali supplier yang sudah lunas, dsb.

6. MenTransmisi (Transmission), Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya mengirimkan data penjualan dari user A ke user lainnya, dsb.

KEUNTUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI
1. Dalam Bidang Sosial
Masyarakat dapat melakukan pertukaran informasi dengan cepat dengan yang lainnya.

2. Bidang Pendidikan
Memudahkan bagi para guru dan siswa untuk mencari bahan ajar atau bahan belajar dengan cepat dan tepat, serta administrasi pada sebuah lembaga menjadi lebih baik dan rapih.

3. Bidang Usaha
Dapat mempromosikan serta bertransaksi dengan cepat dan aman, dan menambah wawasan serta bertukar informasi secara cepat dengan tidak mengenal waktu dan jarak.
4. Bidang Ekonomi
Adanya e-commerce atau perdagangan melalui dunia maya, yang memungkinkan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

5. Bidang Pemerintahan
Memudahkan pemerintah melakukan sosialisasi serta memberikan informasi pada masyarakat, dengan e – government pelayanan terhadapa masyarakt dapat dilayanai secara cepat, tepat dan akurat.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Response to "Keuntungan & Kemampuan TI (Pert-2)"

Posting Komentar